Silahkan mendaftarkan putra putri anda pada menu PSB ONLINE

Salah satu produk TIK adalah multimedia, untuk memahami konsep multimedia pembelajaran, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu pengertian multimedia, Multi artinya lebih dari satu atau banyak sedangkan Media adalah bahan atau sarana. Jadi multimedia berarti  menggabungkan dua unsur atau lebih media yang terdiri dari teks, grafis, gambar, foto, audio, video dan animasi secara terintegrasi.

Sedangkan Multimedia pembelajaran dapat diartikan sebagai aplikasi bahan saji yang terintegrasi dalam satu materi berbasis Teks, Audio, Grafis yang digunakan dalam proses pembelajaran berlangsung, dengan kata lain untuk menyalurkan pesan (pengetahuan, keterampilan dan sikap) serta dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga secara proses belajar mengajar memiliki tujuan dan terkendali.

Pembelajaran konvensional yang berlangsung cenderung berjalan satu arah dari guru ke siswa (teacher centered), menyebabkan pembelajaran terkesan hanya mentransfer pengetahuan dari guru ke siswa saja. Pembelajaran yang berpusat dari guru ini berjalan kurang efektif dalam mengembangkan ranah kognitif (penguasaan konsep) dan ranah afektif (sikap belajar) siswa, sehingga penguasaan konsep dan sikap belajar siswa di kelas masih rendah.

Media komputer dan internet ini dapat dimanfaatkan dalam bentuk suatu model pembelajaran yang berbasis multimedia interaktif. Model pembelajaran ini selanjutnya dapat disebut dengan model pembelajaran Multimedia Interaktif. Model pembelajaran semacam ini dapat digunakan untuk semua materi atau konsep dalam semua mata pelajaran secara umum.

Dengan mengedepankan suatu pembelajaran yang berpotensi menciptakan suasana belajar mandiri, serta mebawa kelas bagaikan magnet yang mampu memikat dan menarik siswa untuk belajar dalam suasana yang menyenangkan.

Memang untuk menerapkan sekolah berbasis teknologi multimedia bukan suatu hal yang tanpa kendala, terutama masalah pembiayaan fasilitas, kreatifitas guru, pengetahuan teknologi mutakhir, serta tingkat kemampuan siswa, namun semua itu dapat diatasi selangkah demi selangkah dengan tetap mempertimbangkan sisi kepentingan dan kepedulian.

Alhamdulillah saat ini staf dan dewan guru di SD Muhammadiyah 3 Pandaan sudah memiliki Laptop masing-masing, Sekolah juga memfasilitasi Jaringan akses internet, LCD Proyector untuk proses pembelajaran di depan kelas dan juga mengoleksi CD Tutorial dan Interaktif segala bidang mata pelajaran. Sehingga dengan dukungan fasilitas tersebut para pengajar bisa lebih efektif dan efisien waktu dalam memberikan simulasi dan pengajaran, bahkan diharapkan ada sikap pro aktif atau semacam komunikasi dua arah dari siswa dengan bisa mencopy data dan mempelajarinya secara mandiri, namun ternyata inipun para siswa harus memiliki fasilitas seperti flashdisc.

Salah satu media yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran berbasis Multimedia interaktif yakni Website Sekolah. Para guru  bisa memanfaat kan Website untuk memposting artikel bahan ajar ataupun tugas-tugas online. Sehingga para siswa dapat langsung diarahkan pada system model belajar mandiri yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun.

Seiring keseriusannya dalam menerapkan Manajemen berbasis Teknologi pada sekolah ini maka SD Muhammadiyah 3 Pandaan membangun pendidikan berbasis teknologi mulai dari sektor manajemen administrasi, pembelajaran interaktif di kelas, juga mengembangkan pendidikan karakter dan spiritual sebagai cakupan kurikulum dengan tetap memperhatikan karakteristik komponen lain, seperti: tujuan, materi, strategi dan juga evaluasi pembelajaran agar bisa berjalan seiring selangkah. (A6)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *