Senin, (17/07/2023) Hari ini merupakan hari “Pertama Sekolah” bagi para siswa-siswi SD Muhammadiyah 3 Pandaan, dengan agenda rutin sekolah setiap tahun ajaran baru yaitu FORTASI (Forum Taaruf dan Orientasi). Kegiatan ini diperuntukkan bagi siswa-siswi baru kelas I, Acara pagi ini dikemas secara istimewa dalam bentuk kegiatan yang diadakan di SD Muhammadiyah 3 Pandaan.

Kegiatan FORTASI kali ini bertemakan “Dengan merdeka belajar, kita Wujudkan Pelajar Pancasila yang Berbudi, Berilmu dan Berprestasi ” kegiatan tersebut diawali dengan kegiatan Apel pagi yg dilaksakan di Lapangan SD Muhammadiyah 3 Pandaan dengan diikuti seluruh Siswa-siswi SD Muhammadiyah 3 Pandaan dengan dipimpin oleh Pemimpin Apel yaitu Bapak Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 3 Pandaan Ustadz Luqman Wahyudi, M.Pd.

Acara tahun ini terlihat istimewa karena adanya arak-arakan siswa-siswi kelas 1 yang disambut dengan iring-iringan drum band dari Gita Surya Buana SD Muga. dan dilanjutkan dengan ditabuhnya bassdrum oleh Bapak Kepala Sekolah sebagai simbolis dibukanya agenda kegiatan FORTASI tahun Ajaran 2023-2024.

Kegiatan dilanjutkan dengan perkenalan Warga Sekolah yaitu para dewan guru baik Wali kelas, Guru Mata Pelajaran yang diampu dan karyawan sekolah. Hari pertama kegiatan FORTASI dilaksanakan dengan khidmat, meriah dan penuh cita. Mudah – mudahan untuk kedepan peserta didik dapat mengikuti kegiatan FORTASI dengan penuh semangat.